Jumat, 21 November 2014

Sang Legenda HONDA CBR

Sekilas sang legenda yang berjaya di Indonesia

Sang Legend CBR

Sejarah Sang Legenda Honda CBR
Brosis, jagad roda dua Indonesia lagi geger nih dengan kemunculan versi terbaru dari klan CBR. Yup, The All New CBR150R memang baru saja diluncurkan pada Minggu (7/7) lalu nih! Versi ini diakui adalah pembaharuan dari seri CBR150R sebelumnya. Tidak hanya perubahan di sisi visual aja nih, tapi dari sektor mesin dan rangka yang juga dibenahi. Hasilnya, sebuah motor yang mampu memancarkan aura elegan dan berkharisma!
Jika ditilik dari sejarahnya, codename CBR sudah menjadi ciri khas dari pabrikan sayap mengepak ini kepada motor yang dirancang sebagai motor Sport Full Fairing bermesin 4 tak yang kental aroma balapnya Brosis! Melihat 3 huruf itu saja orang-orang dijamin akan langsung membayangkan sebuah motor yang memiliki performa tinggi, berdesain agresif dan racy, memiliki handling yang superior dan mampu dikontrol. Pokoknya langsung kebayang motor balap yang super ajib! :P
Namun segala sesuatu pasti memiliki langkah pertama alias awal mulanya nih. Begitu pula dengan clan CBR ini. Tahukah Brosis bahwa CBR yang pertama kali meluncur adalah Honda CBR400F3? Motor ini diluncurkan hanya untuk pasar Jepang saja pada tahun 1983. Karena hanya dipasarkan di pasar domestic Jepang, keberadaan motor ini jarang diketahui orang-orang alias langka banget!
Pada masa-masa awal munculnya CBR, namanya memang belum seheboh sekarang. Setelah CBR400F3, Honda kemudian meluncurkan seri CBR250 pada tahun 1986. Motor dengan mesin 4 tak 4 silinder ini mampu menyemburkan power hingga 45PS lho Brosis! Sayangnya, nama CBR250 ini pun tenggelam. Bukan karena kompetitornya, tapi karena saudara kandungnya sendiri yaitu NSR250. Pada era 80-an, motor dengan kubikasi hingga 250cc memang lebih digandrungi yang 2 tak karena powernya yang lebih liar dan agresif bila dibandingkan ukuran badannya yang kecil. Honda CBR 150R (2)
Nama CBR mulai sohor pada tahun 1987 dengan dikeluarkannya seri CBR600F untuk pasar global, alias enggak cuma dijual di Jepang aja nih. Motor yang punya nama panggilan Hurricane alias angin ribut ini memang sukses memporakporandakan persaingan motor sport di Amerika saat itu. Buktinya? CBR600F Hurricane membuktikan kedigdayaannya pada ajang balap perdana AMA Supersport 600, dengan 9 kali kemenangan dari 9 kali race yang digelar.
Tahun 1987 bisa dibilang sebagai tahun kebangkitan CBR nih Brosis! Pasalnya, pada tahun itu Honda juga meluncurkan CBR1000F dan juga CBR250R! Alhasil, semenjak saat itu motor dengan penamaan CBR selalu dikenal oleh orang-orang sebagai motor-motor bermesin 4 tak dengan tenaga badak!
Pada tahun 1992, Honda kembali membuat gebrakan besar dengan meluncurkan Honda CBR900RR Fireblade. Motor ini mengedepankan filosofi Total Control yang berarti motor ini sangat mudah dikendalikan walaupun memiliki performa yang sangat gahar. CBR900RR Fireblade memiliki ukuran yang mirip dengan Superbike 600cc namun memiliki dapurpacu laiknya hyperbike kelas 900-1000cc!
Kehadiran dan kesuksesan CBR900RR Fireblade ternyata berimbas pada CBR1000F. Hal ini diantisipasi Honda dengan menciptakan kelas baru pada lini CBR, yaitu Honda CBR1100XX yang diluncurkan pada tahun 1997.  CBR1100XX yang punya julukan BlackBird sempat memegang rekor motor produksi massal dengan kecepatan maksimum tertinggi pada masanya yaitu 287.3 km/jam! Bayangin tuh Brosis, standar pabrik tanpa perlu dioprek-oprek sudah bisa lari segitu.
Honda CBR 150R (3)Memasuki era tahun 2000, CBR mulai merambah pasar Asia Tenggara nih. Honda tahu betul kalau pasar motor sangat berkembang di daerah ini, sehingga meluncurkan CBR150R pada tahun 2002. Desain Sportbikenya yang ramping ternyata diterima oleh pasar Asia dengan sukses. Cocok buat nyelip-nyelip di perkotaan sih! :P
Pada tahun 2010, Honda CBR150R akhirnya dibekali dengan sistem pengabutan injeksi Honda yang terkenal yaitu PGM-FI. Selain itu, desain visualnya pun diubah secara drastis. Mengikuti desain Honda CBR250R yang keluar lebih awal. Namun, banyak kalangan yang kurang menerima desain dari CBR150R dan CBR250R era 2010 ini. Desainnya lebih kental aroma VFR dibanding CBR, meski untuk sektor mesin dan handling, tetap diacungi jempol!
Nah akhirnya pada tahun 2014, Honda memutuskan untuk melakukan major refreshment duo CBR ini. CBR250R pun diluncurkan dengan desain baru yang lebih garang. Tidak hanya itu, sektor mesin pun dibenahi agar tenaga yang dimuntahkan bisa lebih nendang! Untuk pasaran Amerika, CBR250R ini dilepas dengan nama CBR300R yang punya kubikasi sedikit lebih tinggi.
Lalu bagaimana dengan CBR150R? Setelah penantian selama 4 tahun, CBR150R pun mengalami major refreshment dan sukses di Launching pada 7 September 2014 kemarin Brosis! Dari sisi desain memang harus diakui, jauh lebih keren dibanding versi sebelumnya. Mesin 150cc 4 tak DOHC-nya mampu menggelontorkan daya sebesar 17.1HP pada 10.500 RPM!
Mantapnya nih, Honda tidak lupa filosofi asli dari line-up CBR-Series nya pada keluarga/klan CBR yang berkubikasi kecil ini. Total Control! Varian Sport-Bike haruslah memiliki kenyamanan tingkat tinggi, nikmat dikendarai sehari-hari, serta berperforma tinggi!
Dari test ride pada saat peluncurannya, banyak pihak yang berkata bahwa sisi handling di CBR150R terbaru ini benar-benar unggul telak dibandingkan versi sebelumnya!
So, Stop Waiting and Start Winning. CBR150R, Made of Champion!!!

Sumber: http://www.welovehonda.com/sejarah-sang-legenda-honda-cbr
- See more at: http://www.welovehonda.com/sejarah-sang-legenda-honda-cbr#sthash.oJOW1l9a.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar